Sabtu, 06 Mei 2017

Pengalaman Menjadi Mahasiswa Geofisika Eksplorasi

Selamat pagi karena gw nulis ini pagi-pagi banget. Lagi pengen nulis dan update blog aja yang udah lama banget gak keurus ini. Padahal target buat nulis skripsi masih banyak yang belum. Hahaha. Oh ya, terakhir update waktu itu semester 4 abis nonton seminar tentang geothermal. Secara gak sengaja gw tiba-tiba aja tertarik untuk menyelami dunia geothermal dan ingin menjadi ahli geothermal.

Nah, kali ini gw pengen berbagi pengalaman gw menjadi mahasiswa geofisika dari semester 5 sampe sekarang semester 8.

Awal mengira masuk peminatan Geofisika mungkin kebanyakan akan berpikir seperti : "Ah pasti enak nih bakal banyak jalan-jalannya", atau "Hmm, gw pengen masuk geofisika karena nanti pasti dapet gajinya gede, secara bisa ke minyak gitu loh". Gw gak memungkiri gw termasuk ke dalam orang yang banyak itu pada sekitar semester awal kuliah. Tapi semua berubah sob.

Semua berubah tapi tidak perasaanku ke kamu semenjak semester 4 gw ngambil kelas yang pengampunya adalah dosen-dosen geof! Ilmu fisika yang gw pelajari selama ini sangat aplikatif di geof. Yang paling berkesan adalah gw bisa mengenal sosok seorang dosen yang sangat baik hati dan bersahaja. Beliau yang membuat gw tertarik untuk terjun ke dunia geothermal. Mulailah gw berdiskusi dengan beliau dan bertanya lebih jauh, walaupun masih semester 4 coy (masuk peminatan itu semester 5). Gw beranggapan memulai lebih awal akan lebih baik. Gw juga sudah menetapkan beliau yang akan jadi dospem gw nanti.

Semester 5 gw dikagetkan dengan matkul-matkul geof yang buanyak banget hapalannya, ini yang gw omongin tentang matkul geologi sih. Harus ngapalin dan ngenalin batuan-batuanlah. Gw termasuk orang yang dulunya jago   lemah dalam hal hapalan. Tapi ini jadi tantangan tersendiri buat gw.

"Ketika sudah tercemplung ke satu bidang, maka harus fokus pada bidang tersebut."
Aku kembali diingatkan tentang kalimat tersebut, hari ini, sama kamu.

Kembali lagi ke topik pembahasan kali ini. Semester 5 gw diajak sama dospem gw tersebut untuk ikut survey geolistrik langsung di lapangan panas bumi di suatu daerah nun jauh di sana. Sebut saja Garut. Perasaan gw gimana? SENENG GAK KETULUNGAN. Kapan lagi mahasiswa semester 5 udah bisa langsung merasakan gimana geophysicist kerja di lapangan :"). Di lapangan selama kurang lebih 2 minggu gw merasakan kangen yang luar biasa sama keluarga gw di rumah, khususnya Mama, dan adek-adek gw. Kebetulan juga waktu itu gw ulang tahun, ngerayain ulang tahun sendirian dan jauh tanpa keluarga sangat menyedihkan buat gw yang terbiasa bersama.

Di lapangan gw mendapatkan banyak pengalaman berharga. Mulai dari paham bagaimana cara akuisisi geolistrik, cara menggunakan alat dan navigator, gimana lelahnya saat di lapangan terlebih medan yang naik-turun (ini penting diketahui karena geothermal berada di gunung-gunung yang medannya berundulasi). Awal-awal fisik gw kaget karena gak terbiasa, tapi lama-lama gw bisa menyesuaikan. Siap-siap berangkat shubuh dan berangkat jam 6 pulang sekitar jam 3 atau 4 sore. Seru banget! Belajar juga tentang Safety di lapangan.

Semester 6 dilalui seperti semester-semester sebelumnya, tapi dengan semangat yang lebih membara. Halah lebay gw. Awal sampai akhir semester kondisi Mama memburuk dan sering bolak-balik RS untuk check up dan operasi. Bulan Mei menjadi awal yang berat. Bulan Mei juga menjadi awal yang indah, aku mengenal dirimu. Pada akhirnya semua akan kembali bukan? Hanya masalah menunggu waktu habis saja. Mama berpulang pada Bulan Juli 2016, menyusul Ayah yang terlebih dahulu pergi.

Semester 7 gw berat banget. Semua terasa berbeda. Gw pikir gw harus tetap semangat, tersisa waktu 2 semester lagi (Semester 8) buat gw lulus. Oh ya, entah awal semester 7 atau akhir semester 6 gw ditawarin buat ikut penelitian dospem gw itu, Penelitian tentang Geothermal di Gunung Pancar pake metode gravitasi. Gw langsung iyakan karena ini emang passion gw. Sempet pengen juga buat lulus 3,5 tahun hahaha.

Skip skip, penelitian tersebut pun terlaksana, survey akuisisi geofisika ke Gunung Pancar kurang lebih 10 hari berjalan lancar. Target dari penelitian ini adalah publikasi ilmiah. Alhamdulillah terwujud akhir-akhir ini untuk publikasi.

Semester 8 gw diawali dengan kegalauan karena yang gw kira gw akan meneliti Gunung Pancar tersebut tetapi akhirnya enggak. wkwkwk. Gw sampe sekarang masih sedang menyusun Skripsi gw, kali ini memakai metode MT dan Gravitasi. Mungkin lain kali kalo lagi iseng bakal gw tulis tutorial tentang MT atau gravitasi.

So, Menjadi mahasiswa geofisika yang gw jalanin dari semester 4 sampe sekarang banyak rasanya. Setiap peristiwa pasti dapat diambil hikmahnya, bukan? Buat yang galau mau milih jurusan apa, gw saranin jangan masuk geofisika! Jangan dah, nanti lu ketagihan!







1 komentar: